Sabtu, 11 Mei 2013

Toko Online Gak Laku? Mungkin Ini Dia Sebabnya

Posted at Sabtu, Mei 11, 2013 - by Unknown 0


Mencari uang melalui internet hanya dimungkinkan jika blog ataupun website Anda didatangi pembaca. Namun kadangkala, tanpa sengaja kita membuat pembaca tidak betah dan bahkan lari sebelum membaca posting atau sebelum melakukan pembelian.
Faktor apa saja yang bisa membuat pembaca atau calon pembeli lari? Berikut beberapa diantaranya:
Toko kotor
Sama halnya dengan di dunia nyata, kebersihan toko sangatlah penting. Anda pasti tak akan betah jika mengunjungi sebuah toko yang kotor dan bau. Prinsip yang sama juga berlaku pada toko di dunia maya. Pastikan toko online Anda tidak dikotori hal-hal yang tidak memberi pengaruh signifikan, misalnya widget.
Beberapa widget memang bisa membuat blog Anda nampak profesional, namun ada sejumlah widget yang sama sekali tidak diperlukan. Widget jam misalnya, itu tidak diperlukan. Begitu juga kalender atau bahkan musik MP3. Widget yang terlalu banyak cenderung membuat blog lambat. Jadi, pastikan blog Anda itu dapat diakses dengan mudah. Jika memungkinkan, sediakan fasilitas search sehingga nanti pembaca dapat melakukan pencarian topik apa yang diinginkan.
Harga terlalu tinggi
Karena ingin secepatnya mendapatkan keuntungan, banyak blogger yang tergoda untuk memasang harga tinggi pada produk yang dijualnya. Misalnya ada yang menjual e-book tentang panduan ngeblog seharga hampir 800 ribu rupiah, sementara buku jenis yang sama di toko buku di dunia nyata dijual tak lebih dari 50.000 rupiah. Jadi, bijaklah menentukan harga. Jika memang ’terpaksa’ menjual dengan harga tinggi, siasati dengan berbagai teknik penjualan seperti memberikan kupon diskon, ataupun potongan harga khusus.
Layanan pelanggan yang buruk
Blog Anda seharusnya dapat menunjukkan bahwa pemiliknya punya kapasitas dan kapabilitas untuk menjual produk yang ditawarkan. Atau setidaknya, Anda bisa mewakili perusahaan yang berkredibilitas. Calon pelanggan seharusnya merasa nyaman ketika berselancar di blog Anda.
Karena itu sangat penting jika di blog Anda disediakan halaman khusus untuk memberikan pertolongan (halaman Help), juga halaman yang berisi sejumlah pertanyaan yang kerap diajukan (FAQ). Akan lebih bagus lagi, jika Anda menyediakan nomor telepon yang bisa dihubungi sewaktu-waktu atau fasilitas chatting.
Terlalu memaksa
Membuat posting tentang sebuah produk sah-sah saja. Namun janganlah berlebihan. Banyak blogger yang tergoda untuk mempromosikan sebuah produk secara berlebihan, bahkan terkesan memaksa. Jadi jangan sekali-sekali mengintimidasi pembaca. Jangan memberi kesan bahwa pembaca itu bodoh jika tidak membeli produk yang Anda referensikan.
Sumber | rumpitekno.com

Tags:
About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

Text Widget

© 2013 Scarlet Spot. WP Theme-junkie converted by BloggerTheme9